
![]() |
Oleh
:
1.
Maria Goreti E.H.P ( 17 / X Akomodasi
Perhotelan2 )
2.
Mei Yustiningsih ( 18 / X Akomodasi Perhotelan2
)
3.
Nadia Meira M ( 20 / X Akomodasi Perhotelan2 )
Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Magelang
Jl Pierre Tendean No. 1 Magelang Utara Kota Magelang, Tlp
0293-362210, Indonesia
+62 293 362210
+62 293 362210
KATA
PENGANTAR
Puji
syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat dan
karunia - Nya kami dapat menyelesaikan tugas tentang ‘ LAPORAN KUNJUNGAN
INDUSTRI KE MALANG ’ ini dengan baik
meskipun banyak kekurangan didalamnya. Dan juga kami berterima kasih pada guru
pembimbing kami yang telah memberikan tugas ini kepada kami.
Kami sangat berharap laporan ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan kita mengenai industry perhotelan.Kami juga menyadari sepenuhnya bahwa di dalam laporan ini terdapat kekurangan dan jauh dari kata sempurna.
Kami sangat berharap laporan ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan kita mengenai industry perhotelan.Kami juga menyadari sepenuhnya bahwa di dalam laporan ini terdapat kekurangan dan jauh dari kata sempurna.
Oleh sebab itu, kami berharap adanya
kritik, saran dan usulan demi perbaikan laporan yang telah kami buat di masa
yang akan datang, mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa saran yang membangun.
Semoga laporan sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya.Sekiranya laporan yang telah disusun ini dapat berguna bagi kami sendiri maupun orang yang membacanya. Sebelumnya kami mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata yang kurang berkenan dan kami memohon kritik dan saran yang membangun demi perbaikan di masa depan.
Semoga laporan sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya.Sekiranya laporan yang telah disusun ini dapat berguna bagi kami sendiri maupun orang yang membacanya. Sebelumnya kami mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata yang kurang berkenan dan kami memohon kritik dan saran yang membangun demi perbaikan di masa depan.
Magelang, 16 Januari 2015
Penyusun
DAFTAR
ISI
KATA PENGANTAR
……………………………………………………………………..…. 2
DAFTAR ISI
………………………………………………………………………………….. 3
BAB I PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG ………………………………………………………………4
B. TUJUAN ………………………………………………………………………….. 4
BAB II ISI
A. PENGENALAN INDUSTRI HOTEL
1. Sejarah Hotel ………………………………………………………………….
5
2. Struktur Organisasi Hotel …………………………………………………….
5
3. Kegiatan Di Hotel
a. Hotel Knowledge ……………………...………………………… 6
b. Table Manner ………………………...………………………….. 6
c. Making Bed ………………………...……………………………. 10
B. PENGENALAN INDUSTRI PARIWISATA
1. Batu Night Spectacular …………………...………………………………….
11
2. Agrowisata Petik Apel ……………………….………………………………. 11
3. Air Terjun Coban Rondo
…………………………………………………… 12
BAB III PENUTUP……………………………………………………………………….…...
15
LAMPIRAN
…………………………………………………………………………….…… 16
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR
BELAKANG
Latar belakang diadakannya kunjungan industri ini agar siswa mengenal dunia
kerja. Selain itu siswa dapat mengetahui lebih jauh tentang cara kerja,
kedisiplinan, dan
tata tertib kerja.
Siswa juga
diharapkan tidak menganggap kunjungan industri sebagi rekreasi, tapi menganggap
kunjungan industri sebagai sarana belajar dengan cara mendatangi industri
secara langsung, dan melihat urutan – urutan proses kerja di industri tersebut.Kunjungan
industri dipilih untuk menambah pengalaman siswa tentang dunia kerja.
Siswa dituntut untuk aktif menggali informasi tentang
kunjungan industri untuk memperoleh pengetahuan tentang dunia
industri.Kunjungan industri dilakukan untuk memberikan gambaran kepada siswa
tentang industry perhotelan.
B. TUJUAN
1.
Memperluas
pengatahuan siswa dalam lingkungan dunia kerja.
2.
Mendorong siswa
agar mempunyai minat bekerja di perusahaan.
3.
Memberi
informasi tentang cara kerja dan tenaga kerja perusahaan.
4.
Mendorong siswa
agar mempunyai rasa kedisiplinan dan tanggung jawab.
5. Untuk Belajar (tidak hanya tau
teknik tapi juga praktiknya).
BAB II
ISI
ü PENGENALAN INDUSTRI HOTEL
1. Sejarah Hotel
Hotel
Ibis Styles Malang adalah salah satu hotel yang berdiri di bawah naungan Accor
Group.Accor Group adalah jaringan hotel besar di seluruh dunia.Desain Hotel
Ibis Styles Malang sendiri adalah pohon apel hijau.Tiap – tiap kamar bernomor
lantai ganjil memiliki desain yang berbeda dengan nomor kamar berlantai genap.
Jumlah lantai di Hotel Ibis Styles Malang dari Ground sampai lantai 11 kecuali
lantai 4, dikarenakan terdapat mitos tersendiri.
2. Struktur Organisasi Hotel
![]() |
GENERAL MANAGER
![]() |


![]() |





















HOUSEKEEPERS ENGINEERING SECURITY ACCOUNTING IT
PURCHASING
![]() |
SALES MANAGER RESERVATION
3. Kegiatan Di Hotel
a. Hotel Knowledge
Dalam
sesi Hotel Knowledge kami diajarkan tentang hal – hal yang berhubungan dengan
hotel.Desain hotel Ibis sendiri adalah apple trees. Di lobby terdapat gambaran
ranting berwarna hijau melambangkan pohon apel hijau.
Di
Hotel Ibis Styles Malang terdapat tiga type kamar, yaitu: Standard Room, Deluxe Room, dan Deluxe
Suite. Ada empat ruang serbaguna, yaitu : Iris, Bougenvile, Ivy, Sunflower, dan
IBIS (kombinasi Iris, Bougenvile, Ivy, dan Sunflower).
Fasilitas
kamar yang free di Hotel Ibis Styles Malang, yaitu : kamar mandi ( standing
shower hot and cold ), AC, free wi-fi, wardrobe, water heater, coffe.station,
minibar, TV, telepon, mineral water, hairdryer. Sedangkan fasilitas notfree
yaitu : handuk.
b. Table Manner
Dalam
sesi Table Manner kami diajarkan tata cara makan yang baik dan benar dalam
jamuan makan. Arti Table Manner sendiri adalah tata cara makan yang baik dan
sopan dalam jamuan makan.
ü Etika menghadiri jamuan makan :
1. Datang tepat waktu.
2. Berbusana sesuai yang telah ditentukan (bertujuan
menghormati pengundang).
3. Duduk sesuai dengan tempat duduk yang
telah ditentukan.
4. Walau tidak kenal dengan tamu satu
meja, ajaklah berbicara.
5. Tidak meninggalkan meja makan sebelum
mendapatkan aba – aba dari tamu rumah.
6. Kirimkan ucapa terimakasih sesegera
mungkin.
ü Hal – hal yang harus dihindari ;
1. Jangan menggeliat atau menyandarkan
badan setelah makan.
2. Membersihkan gigi di depan tamu.
3. Tutup mulut dengan serbet bila batuk
atau bersin dengan memalingkan muka.
4. Hindari meletakkan tangan di atas meja.
5. Jangan memperhatikan orang yang sedang
makan.
6. Jangan menaruh obat – obatan diatas
meja.
7. Mempermainkan alat selama menunggu
makanan.
8. Saat memperbaiki lipstick atau bedak
sebaiknya di toilet ( khusus wanita ).
9. Janga menyisir rambut di meja makan.
10.Bila kita menerima cendera mata tidak
dibenarkan menanyakan harga dan asalnya dan jangan lupa mengucapkan terimakasih
kepada yang mengundang.
ü Etika menghadiri jamuan makan :
1. Makanlah sedikit, sesuaikan dengan
rekan semeja anda.
2. Sebaiknya mulut terkatup sewaktu mengunyah.
3. Bila anda membutuhkan sesuatu yang jauh
dari anda, mintalah bantuan rekan semeja anda untuk mengambilnya.
4. Jangan mengajak bicara rekan anda
selagi menyuap makanan.
5. Siku tidak dibenarkan di atas meja saat
menikmati makanan.
6. Bila tangan kiri tak digunakan jangan
bersandar di kursi.
7. Jangan menggunakan jari anda untuk
melepas makanan dari garpu.
8. Pergunakan napkin yang sudah disediakan
dengan baik.
ü Etika percakapan :
1. Jangan pernah memegang peralatan
sewaktu bicara.
2. Jangan bicara saat mulut penuh dengan
makanan.
3. Jangan mengajak berbicara sewaktu lawan
bicara kita menyuap makanan.
4. Jangan memotong lawan bicara kita
tunggu sampai selesai bicara.
5. Jangan mengambil pokok bicara yang
menyinggung perasaan orang lain.
ü Etika merokok :
1. Merokok sebelum
makan adalah hal yang sangat bertentangan dengan etiket perjamuan.
2. Boleh memulai
rokok sesudah piring makan pokok diangkat petugas.
ü Cocktail Party
Cocktail
Party adalah sebuah jamuan yang diadakan sebelum makan malam dan biasanya
dilaksanakan tidak lebi dari satu jam.
A.Fungsi
Cocktail Party
a.
Menunggu tamu lain, khususnya tamu VIP.
b.
Bisa mengakrabkan diri dengan sesama tamu lain.
B.
Hal yang harus diperhatikan
a.
Ambillah makanan dan minuman yang telah disediakan.
b.
Cobalah berteman dengan orang sebanyak mungkin.
c.
Hindari membuat suatu grup.
d.
Jaga intonasi suara dalam bicara.
ü Posisi duduk
Berdirilah
di belakang kursi anda sambil menunggu tamu VIP duduk, kemudian duduklah
melalui sebelah kiri kursi anda, posisi badan tegak menghadap ke depan
.
ü Meletakkan tas bawaan


ü Etika meninggalkan tempat jamuan makan
Setelah
jamuan selesai tunggulah beberapa saat sampai pengundang mempersilahkan anda untuk
pulang.
c. Making Bed
Dalam
sesi making bed kami diajarkan teknik making bed, antara lain, yaitu :
1. . Spring
box:Papan/kotak /dipan tempat tidur sebagai alas Mattress (kasur)
2. Bed skirt/skirting : Rempel Spring box.
3. Mattress : Kasur
4. Bed Protector/Bed pad : Pelapis mattress agar
tidak mudah terkena cairan seperti darah, urine, tumpahan kuah, saos dsb.
5. Sheet :
Sprai untuk menutupi seluruh Mattress.
6. Blanket : Selimut yang dilipat dan ditata rapi
diatas tempat tidur
7. Pillows and pilcases : Bantal dan sarung bantal
yang diletakan pada bagian kepala tempat tidur.
B. PENGENALAN INDUSTRI PARIWISATA
1. Batu Night Spectacular ( BNS )
Batu Night Spectacular ( BNS ) berada Jl. Raya Oro-oro Ombo
No 200, Kota Wisata Batu, Batu, Jawa Timur 65316, Indonesia, Phone:+62 341 5025111. Batu Night Spectacular
atau BNSini
berdekatan dengan Jatim
Park yang merupakan salah satu tempat rekreasi yang disukai di
kota Malang. Terdapat berbagai wahana menarik yang bisa Anda coba bersama
keluarga. Mulai dari wahana yang mengasyikan, menyeramkan, sampai wahana yang
menantang siap menguji nyali. Batu Night Spectacular (BNS) mulai dibuka pukul
15:00 hingga pukul 02:00 dini hari. Sesuai dengan namanya, tempat ini memang
menyajikan keindahan wisata malam di kota Batu dengan suasana sejuk pegunungan.
Anda akan dimanjakan dengan tata lampu yang indah di Batu Night Spectacular
atau BNS.
2.Agrowisata Petik Apel
Wisata Petik Apel Batu Malang, Kota Batu identik
dan terkenal sebagai Kota apel. Selain sektor wisata buah apel, sektor
perkebunan Apel juga cukup mempunyai pengaruh yang signifikan untuk meningkatkan
perekonomian masyarakat di kota ini. Berkunjung di Kota Batu-Malang tidak
lengkap rasanya jika tidak menikmati buah yang menjadi ikon di kota Batu ini.
Dikota Batu-Malang ini ada tempat Wisata Petik Apel yang sangat populer dan
sangat di gemari.
PT.Sport Glove Indonesia mengadakan wisata Petik
Apel di kota Batu-Malang Jawa Timur pada tanggal 26 Oktober
2014. Perkebunan Apel ini di kelilingi oleh pegunungan yang indah dan
panorama yang masih asri. Sehingga efek refresh dari kepenatan aktivitas
harian benar- benar dirasakan bagi pengunjung wisata petik apel. Banyak
kelebihan dari Wisata Petik Apel yaitu anda bisa merasakan sensasi menjadi
seorang petani buah di kota Batu yaitu tepatnya buah apel. selain itu kita juga
bisa dengan secara langsung memetik buah apel langsung dari pohonnya serta kita
dapat langsung menikmati segarnya buah apel ditempatnya.
3.Air Terjun Coban Rondo
Coban Rondo memiliki ketinggian sekitar 84 m dan berada di
ketinggian 1.135 meter dari permukaan laut. Airnya berasal dari sumber di
Cemoro Dudo, lereng Gunung Kawi dengan debit 150 liter per detik pada musim
hujan dan 90 liter per detik di musim kemarau. Curah hujan rata-rata
1.721 mm/th, dengan bulan basah pada bulan Nopember sampai bulan Maret dan
bulan kering pada bulan April sampai dengan Oktober dengan suhu rata-rata +/-
22°C.
Air terjun ini berada dalam wilayah KPH Perum Perhutani Malang Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan Pujon dan Resort Polisi Hutan Pujon Selatan Petak 89G.
Air terjun ini berada dalam wilayah KPH Perum Perhutani Malang Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan Pujon dan Resort Polisi Hutan Pujon Selatan Petak 89G.
Sebelum
menjadi Coban Rondo, sebetulnya di atasnya ada air terjun kembar yang disebut Coban Manten. Mengalir ke
bawah, air terjun itu menyatu menjadi Coban Dudo. Uniknya, Coban Dudo tersebut
mengalir ke bawah menjadi Coban Rondo.
Sumber air dari tiga air terjun tersebut berada di Kepundan, satu dataran yang tanpa pohon satu pun berada di atas Coban Manten. Mereka yang ingin melihatnya, selain harus berhati-hati juga perlu ekstratenaga. Sebab, selain jalan licin, juga cukup jauh antara 3-4 km.
Sumber air dari tiga air terjun tersebut berada di Kepundan, satu dataran yang tanpa pohon satu pun berada di atas Coban Manten. Mereka yang ingin melihatnya, selain harus berhati-hati juga perlu ekstratenaga. Sebab, selain jalan licin, juga cukup jauh antara 3-4 km.
Legenda Air Terjun Coban Rondo ini bermula dari sepasang pengantin yang baru saja
melangsungkan pernikahan. Mempelai wanita bernama Dewi Anjarwati dari Gunung
Kawi, sedangkan mempelai pria bernama Raden Baron Kusumo dari Gunung Anjasmoro.
Setelah usia pernikahan mereka menginjak usia 36 hari atau disebut dengan
Selapan (bahasa jawa). Dewi Anjarwati mengajak suaminya berkunjung ke Gunung
Anjasmoro, yang merupakan asal dari suami. Namun orang tua Anjarwati melarang kedua
mempelai pergi karena usia pernikahan mereka baru berusia 36 hari atau disebut
selapan. Namun kedua mempelai tersebut bersikeras pergi dengan resiko apapun
yang terjadi di perjalanan.
Ketika di tengah
perjalanan keduanya dikejutkan dengan hadirnya Joko Lelono, yang tidak jelas
asal-usulnya. Nampaknya Joko Lelono terpikat dengan kecantikan Dewi Anjarwati,
dan berusaha merebutnya. Akibatnya perkelahian antara Joko Lelono dengan Raden
Baron Kusumo tidak terhindarkan. Kepada para pembantunya atau disebut juga puno
kawan yang menyertai kedua mempelai tersebut, Raden Baron Kusumo berpesan agar
Dewi Anjarwati disembunyikan di suatu tempat yang terdapat di Coban atau air
terjun. Perkelahian antara Raden Baron Kusumo dengan Joko Lelono berlangsung
seru dan mereka berdua gugur.Akibatnya Dewi Anjarwati menjadi seorang janda
yang dalam bahasa jawa disebut Rondo. Sejak saat itulah Coban atau air
terjun tempat bersembunyi Dewi Anjarwati dikenal dengan Coban Rondo.
Konon di bawah air terjun terdapat gua tempat tinggal tempat persembunyian Dewi
Anjarwati dan batu besar di bawah air terjun merupakan tempat duduk sang putri
yang merenungi nasibnya.
BAB III
PENUTUP
Demikianlah makalah yang kami buat ini, semoga
bermanfaat dan menambah pengetahuan para pembaca. Kami mohon maaf apabila ada
kesalahan ejaan dalam penulisan kata dan kalimat yang kurang jelas, dimengerti,
dan lugas.Karena kami hanyalah manusia biasa yang tak luput dari kesalahan Dan
kami juga sangat mengharapkan saran dan kritik dari para pembaca demi
kesempurnaan makalah ini. Sekian penutup dari kami semoga dapat diterima di
hati dan kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.
LAMPIRAN
![]() |
![]() |
||||||
![]() |
![]() |
||||||
![]() |

![]() |
|||||
![]() |
|||||
![]() |
|||||
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
||||||
![]() |
![]() |
||||||
![]() |
![]() |
||||||
![]() |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar