Daftar Blog Saya

Kamis, 07 Mei 2015

Contoh Laporan Kunjungan Industri



LAPORAN KUNJUNGAN INDUSTRI KE MALANG




IMG_20150113_060529.jpg
 









Oleh :
1.    Maria Goreti E.H.P ( 17 / X Akomodasi Perhotelan2 )
2.   Mei Yustiningsih ( 18 / X Akomodasi Perhotelan2 )
3.    Nadia Meira M ( 20 / X Akomodasi Perhotelan2 )



Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Magelang
Jl Pierre Tendean No. 1 Magelang Utara Kota Magelang, Tlp 0293-362210, Indonesia
+62 293 362210

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat dan karunia - Nya kami dapat menyelesaikan tugas tentang ‘ LAPORAN KUNJUNGAN INDUSTRI KE MALANG  ’ ini dengan baik meskipun banyak kekurangan didalamnya. Dan juga kami berterima kasih pada guru pembimbing kami yang telah memberikan tugas ini kepada kami.
       Kami sangat berharap laporan ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan kita mengenai industry perhotelan.Kami juga menyadari sepenuhnya bahwa di dalam laporan ini terdapat kekurangan dan jauh dari kata sempurna.
Oleh sebab itu, kami berharap adanya kritik, saran dan usulan demi perbaikan laporan yang telah kami buat di masa yang akan datang, mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa saran yang membangun.
       Semoga laporan sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya.Sekiranya laporan yang telah disusun ini dapat berguna bagi kami sendiri maupun orang yang membacanya. Sebelumnya kami mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata yang kurang berkenan dan kami memohon kritik dan saran yang membangun demi perbaikan di masa depan.

Magelang, 16 Januari 2015


Penyusun



DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ……………………………………………………………………..…. 2
DAFTAR ISI ………………………………………………………………………………….. 3
BAB I PENDAHULUAN
A.  LATAR BELAKANG ………………………………………………………………4
B.   TUJUAN ………………………………………………………………………….. 4
BAB II ISI
A.  PENGENALAN INDUSTRI HOTEL
1.    Sejarah Hotel …………………………………………………………………. 5
2.   Struktur Organisasi Hotel ……………………………………………………. 5
3.    Kegiatan Di Hotel
a.    Hotel Knowledge ……………………...………………………… 6
b.   Table Manner ………………………...………………………….. 6
c.    Making Bed ………………………...……………………………. 10
B.   PENGENALAN INDUSTRI PARIWISATA
1.    Batu Night Spectacular …………………...…………………………………. 11
2.   Agrowisata Petik Apel ……………………….………………………………. 11
3.    Air Terjun Coban Rondo …………………………………………………… 12
BAB III PENUTUP……………………………………………………………………….…... 15
LAMPIRAN …………………………………………………………………………….…… 16





BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG
Latar belakang diadakannya kunjungan industri ini agar siswa mengenal dunia kerja. Selain itu siswa dapat mengetahui lebih jauh tentang cara kerja, kedisiplinan, dan tata tertib kerja.
Siswa juga diharapkan tidak menganggap kunjungan industri sebagi rekreasi, tapi menganggap kunjungan industri sebagai sarana belajar dengan cara mendatangi industri secara langsung, dan melihat urutan – urutan proses kerja di industri tersebut.Kunjungan industri dipilih untuk menambah pengalaman siswa tentang dunia kerja.
Siswa dituntut untuk aktif menggali informasi tentang kunjungan industri untuk memperoleh pengetahuan tentang dunia industri.Kunjungan industri dilakukan untuk memberikan gambaran kepada siswa tentang industry perhotelan.
         
B.   TUJUAN
1.      Memperluas pengatahuan siswa dalam lingkungan dunia kerja.
2.      Mendorong siswa agar mempunyai minat bekerja di perusahaan.
3.      Memberi informasi tentang cara kerja dan tenaga kerja perusahaan.
4.      Mendorong siswa agar mempunyai rasa kedisiplinan dan tanggung jawab.
5.    Untuk Belajar (tidak hanya tau teknik tapi juga praktiknya).

BAB II
ISI

ü  PENGENALAN INDUSTRI HOTEL
1.    Sejarah Hotel
    
Hotel Ibis Styles Malang adalah salah satu hotel yang berdiri di bawah naungan Accor Group.Accor Group adalah jaringan hotel besar di seluruh dunia.Desain Hotel Ibis Styles Malang sendiri adalah pohon apel hijau.Tiap – tiap kamar bernomor lantai ganjil memiliki desain yang berbeda dengan nomor kamar berlantai genap. Jumlah lantai di Hotel Ibis Styles Malang dari Ground sampai lantai 11 kecuali lantai 4, dikarenakan terdapat mitos tersendiri.

2.   Struktur Organisasi Hotel


 
            GENERAL MANAGER


 
       
                                                               GUEST SERVICE MANAGER


 
        FO        F&B SERVICE      F&B PRODUCT    PSM       CHIEF ACCOUNTING     DIRECTOR OF SALES       HRD
       
      HOUSEKEEPERS     ENGINEERING     SECURITY       ACCOUNTING      IT       PURCHASING


 
                                                                   SALES MANAGER                                  RESERVATION



3.    Kegiatan Di Hotel
a.    Hotel Knowledge
Dalam sesi Hotel Knowledge kami diajarkan tentang hal – hal yang berhubungan dengan hotel.Desain hotel Ibis sendiri adalah apple trees. Di lobby terdapat gambaran ranting berwarna hijau melambangkan pohon apel hijau.
Di Hotel Ibis Styles Malang terdapat tiga type kamar,  yaitu: Standard Room, Deluxe Room, dan Deluxe Suite. Ada empat ruang serbaguna, yaitu : Iris, Bougenvile, Ivy, Sunflower, dan IBIS (kombinasi Iris, Bougenvile, Ivy, dan Sunflower).
Fasilitas kamar yang free di Hotel Ibis Styles Malang, yaitu : kamar mandi ( standing shower hot and cold ), AC, free wi-fi, wardrobe, water heater, coffe.station, minibar, TV, telepon, mineral water, hairdryer. Sedangkan fasilitas notfree yaitu : handuk.

b.   Table Manner
Dalam sesi Table Manner kami diajarkan tata cara makan yang baik dan benar dalam jamuan makan. Arti Table Manner sendiri adalah tata cara makan yang baik dan sopan dalam jamuan makan.





ü  Etika menghadiri jamuan makan :
1.    Datang tepat waktu.
2.   Berbusana sesuai yang telah ditentukan (bertujuan menghormati pengundang).
3.    Duduk sesuai dengan tempat duduk yang telah ditentukan.
4.   Walau tidak kenal dengan tamu satu meja, ajaklah berbicara.
5.    Tidak meninggalkan meja makan sebelum mendapatkan aba – aba dari tamu rumah.
6.    Kirimkan ucapa terimakasih sesegera mungkin.
      
ü  Hal – hal yang harus dihindari ;
1.    Jangan menggeliat atau menyandarkan badan setelah makan.
2.   Membersihkan gigi di depan tamu.
3.    Tutup mulut dengan serbet bila batuk atau bersin dengan memalingkan muka.
4.   Hindari meletakkan tangan di atas meja.
5.    Jangan memperhatikan orang yang sedang makan.
6.    Jangan menaruh obat – obatan diatas meja.
7.    Mempermainkan alat selama menunggu makanan.
8.   Saat memperbaiki lipstick atau bedak sebaiknya di toilet ( khusus wanita ).
9.    Janga menyisir rambut di meja makan.
10.Bila kita menerima cendera mata tidak dibenarkan menanyakan harga dan asalnya dan jangan lupa mengucapkan terimakasih kepada yang mengundang.


ü  Etika menghadiri jamuan makan :
1.    Makanlah sedikit, sesuaikan dengan rekan semeja anda.
2.   Sebaiknya mulut terkatup sewaktu mengunyah.
3.    Bila anda membutuhkan sesuatu yang jauh dari anda, mintalah bantuan rekan semeja anda untuk mengambilnya.
4.   Jangan mengajak bicara rekan anda selagi menyuap makanan.
5.    Siku tidak dibenarkan di atas meja saat menikmati makanan.
6.    Bila tangan kiri tak digunakan jangan bersandar di kursi.
7.    Jangan menggunakan jari anda untuk melepas makanan dari garpu.
8.   Pergunakan napkin yang sudah disediakan dengan baik.

ü  Etika percakapan :
1.    Jangan pernah memegang peralatan sewaktu bicara.
2.   Jangan bicara saat mulut penuh dengan makanan.
3.    Jangan mengajak berbicara sewaktu lawan bicara kita menyuap makanan.
4.   Jangan memotong lawan bicara kita tunggu sampai selesai bicara.
5.    Jangan mengambil pokok bicara yang menyinggung perasaan orang lain.

ü  Etika merokok :
1. Merokok sebelum makan adalah hal yang sangat bertentangan dengan etiket perjamuan.
2. Boleh memulai rokok sesudah piring makan pokok diangkat petugas.


ü  Cocktail Party
Cocktail Party adalah sebuah jamuan yang diadakan sebelum makan malam dan biasanya dilaksanakan tidak lebi dari satu jam.

A.Fungsi Cocktail Party
a. Menunggu tamu lain, khususnya tamu VIP.
b. Bisa mengakrabkan diri dengan sesama tamu lain.

B. Hal yang harus diperhatikan
a. Ambillah makanan dan minuman yang telah disediakan.
b. Cobalah berteman dengan orang sebanyak mungkin.
c. Hindari membuat suatu grup.
d. Jaga intonasi suara dalam bicara.
ü  Posisi duduk

Berdirilah di belakang kursi anda sambil menunggu tamu VIP duduk, kemudian duduklah melalui sebelah kiri kursi anda, posisi badan tegak menghadap ke depan
.


ü  Meletakkan tas bawaan

*      Letakkan di atas pangkuan dan tetap dengan napkin.
*      Letakkan tas dibelakang kursi.

ü  Etika meninggalkan tempat jamuan makan
Setelah jamuan selesai tunggulah beberapa saat sampai pengundang mempersilahkan anda untuk pulang.
c.    Making Bed
Dalam sesi making bed kami diajarkan teknik making bed, antara lain, yaitu :
1. . Spring box:Papan/kotak /dipan tempat tidur sebagai alas Mattress (kasur)
2. Bed skirt/skirting : Rempel Spring box.
3. Mattress : Kasur
4. Bed Protector/Bed pad : Pelapis mattress agar tidak mudah terkena cairan seperti darah, urine, tumpahan kuah, saos  dsb.
 5. Sheet : Sprai untuk menutupi seluruh Mattress.
6. Blanket : Selimut yang dilipat dan ditata rapi diatas tempat tidur
7. Pillows and pilcases : Bantal dan sarung bantal yang diletakan pada bagian kepala tempat tidur.


B. PENGENALAN INDUSTRI PARIWISATA
                    1. Batu Night Spectacular ( BNS )
Batu Night Spectacular ( BNS ) berada Jl. Raya Oro-oro Ombo No 200, Kota Wisata Batu, Batu, Jawa Timur 65316, Indonesia, Phone:+62 341 5025111. Batu Night Spectacular atau BNSini berdekatan dengan Jatim Park yang merupakan salah satu tempat rekreasi yang disukai di kota Malang. Terdapat berbagai wahana menarik yang bisa Anda coba bersama keluarga. Mulai dari wahana yang mengasyikan, menyeramkan, sampai wahana yang menantang siap menguji nyali. Batu Night Spectacular (BNS) mulai dibuka pukul 15:00 hingga pukul 02:00 dini hari. Sesuai dengan namanya, tempat ini memang menyajikan keindahan wisata malam di kota Batu dengan suasana sejuk pegunungan. Anda akan dimanjakan dengan tata lampu yang indah di Batu Night Spectacular atau BNS.
2.Agrowisata Petik Apel
Wisata Petik Apel Batu Malang, Kota Batu identik dan terkenal sebagai Kota apel. Selain sektor wisata buah apel, sektor perkebunan Apel juga cukup mempunyai pengaruh yang signifikan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di kota ini. Berkunjung di Kota Batu-Malang tidak lengkap rasanya jika tidak menikmati buah yang menjadi ikon di kota Batu ini. Dikota Batu-Malang ini ada tempat Wisata Petik Apel yang sangat populer dan sangat di gemari.



PT.Sport Glove Indonesia mengadakan wisata Petik Apel di kota  Batu-Malang Jawa Timur pada tanggal 26 Oktober 2014. Perkebunan Apel ini di kelilingi oleh pegunungan yang indah dan panorama yang masih asri. Sehingga efek refresh dari kepenatan aktivitas harian benar- benar dirasakan bagi pengunjung wisata petik apel. Banyak kelebihan dari Wisata Petik Apel yaitu anda bisa merasakan sensasi menjadi seorang petani buah di kota Batu yaitu tepatnya buah apel. selain itu kita juga bisa dengan secara langsung memetik buah apel langsung dari pohonnya serta kita dapat langsung menikmati segarnya buah apel ditempatnya.

3.Air Terjun Coban Rondo
          Coban Rondo  memiliki ketinggian sekitar 84 m dan berada di ketinggian 1.135 meter dari permukaan laut.  Airnya berasal dari sumber di Cemoro Dudo, lereng Gunung Kawi dengan debit 150 liter per detik pada musim hujan dan 90 liter per detik di musim kemarau.  Curah hujan rata-rata 1.721 mm/th, dengan bulan basah pada bulan Nopember sampai bulan Maret dan bulan kering pada bulan April sampai dengan Oktober dengan suhu rata-rata +/- 22°C.

          Air terjun ini berada dalam wilayah KPH Perum Perhutani Malang
Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan Pujon dan Resort Polisi Hutan Pujon Selatan Petak 89G.



          Sebelum menjadi Coban Rondo, sebetulnya di atasnya ada air terjun kembar yang disebut Coban Manten. Mengalir ke bawah, air terjun itu menyatu menjadi Coban Dudo. Uniknya, Coban Dudo tersebut mengalir ke bawah menjadi Coban Rondo.

Sumber air dari tiga air terjun tersebut berada di Kepundan, satu dataran yang tanpa pohon satu pun berada di atas Coban Manten. Mereka yang ingin melihatnya, selain harus berhati-hati juga perlu ekstratenaga. Sebab, selain jalan licin, juga cukup jauh antara 3-4 km.
          Legenda Air Terjun Coban Rondo ini bermula dari sepasang pengantin yang baru saja melangsungkan pernikahan. Mempelai wanita bernama Dewi Anjarwati dari Gunung Kawi, sedangkan mempelai pria bernama Raden Baron Kusumo dari Gunung Anjasmoro. Setelah usia pernikahan mereka menginjak usia 36 hari atau disebut dengan Selapan (bahasa jawa). Dewi Anjarwati mengajak suaminya berkunjung ke Gunung Anjasmoro, yang merupakan asal dari suami. Namun orang tua Anjarwati melarang kedua mempelai pergi karena usia pernikahan mereka baru berusia 36 hari atau disebut selapan. Namun kedua mempelai tersebut bersikeras pergi dengan resiko apapun yang terjadi di perjalanan.

         



          Ketika di tengah perjalanan keduanya dikejutkan dengan hadirnya Joko Lelono, yang tidak jelas asal-usulnya. Nampaknya Joko Lelono terpikat dengan kecantikan Dewi Anjarwati, dan berusaha merebutnya. Akibatnya perkelahian antara Joko Lelono dengan Raden Baron Kusumo tidak terhindarkan. Kepada para pembantunya atau disebut juga puno kawan yang menyertai kedua mempelai tersebut, Raden Baron Kusumo berpesan agar Dewi Anjarwati disembunyikan di suatu tempat yang terdapat di Coban atau air terjun. Perkelahian antara Raden Baron Kusumo dengan Joko Lelono berlangsung seru dan mereka berdua gugur.Akibatnya Dewi Anjarwati menjadi seorang janda yang dalam bahasa jawa disebut Rondo.  Sejak saat itulah Coban atau air terjun tempat bersembunyi Dewi Anjarwati dikenal dengan Coban Rondo.  Konon di bawah air terjun terdapat gua tempat tinggal tempat persembunyian Dewi Anjarwati dan batu besar di bawah air terjun merupakan tempat duduk sang putri yang merenungi nasibnya.








BAB III
PENUTUP
Demikianlah makalah yang kami buat ini, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan para pembaca. Kami mohon maaf apabila ada kesalahan ejaan dalam penulisan kata dan kalimat yang kurang jelas, dimengerti, dan lugas.Karena kami hanyalah manusia biasa yang tak luput dari kesalahan Dan kami juga sangat mengharapkan saran dan kritik dari para pembaca demi kesempurnaan makalah ini. Sekian penutup dari kami semoga dapat diterima di hati dan kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.











LAMPIRAN










IMG_20150113_083051.jpg
IMG_20150113_060529.jpg



IMG_20150113_082721.jpg
IMG_20150113_060637.jpg,IMG_20150113_082135.jpg


IMG_20150113_081941.jpg
 

































IMG_20150113_082357.jpg








IMG_20150113_082344.jpg



IMG_20150113_100424.jpg

IMG_20150113_100352.jpg


IMG_20150113_131925.jpg
IMG_20150113_134036.jpg











































IMG_20150113_161613.jpg
IMG_20150113_163610.jpg


IMG_20150113_164804.jpg
IMG_20150114_100030.jpg


IMG_20150114_100109.jpg
IMG_20150114_124258.jpg


IMG_20150113_084314.jpg
 













































Tidak ada komentar:

Posting Komentar