TUGAS SIMULASI
DIGITAL
SOFTWARE BLENDER

NAMA
KELOMPOK :
Maria
Goreti E.H.P ( X APH 2 / 17)
Tri
Melani ( X APH 2 / 34)
SMK NEGERI 3 MAGELANG
2015
A.
Sejarah Blender
Pada tahun 1988 Ton Roosendaal mendanai perusahaan yang bergerak dibidang animasi yang dinamakan NeoGeo.NeoGeo adalah berkembang pesat sehingga menjadi perusahaan animasi terbesar di Belanda dan salah satu perusahaan animasi terdepan di Eropa.Ton Roosendaal selain bertanggung jawab sebagai art director juga bertanggung jawab atas pengembangan software internal.
Pada
tahun 1995 muncullah sebuah software yang pada akhirnya dinamakan .Setelah
diamati ternyata Blender memiliki potensi untuk digunakan oleh artis –artis
diluar NeoGeo.Lalu pada tahun 1998 Ton mendirikan perusahaan yang bernama Not a
Number (NaN) Untuk mengembangkan dan memasarkan Blender lebih jauh. Cita – cita
NaN adalah untuk menciptakan sebuah software animasi 3D yang padat, cross
platform yang gratis dan dapat digunakan oleh masyarakat computer yang umum.
Sayangnya ambisi NaN tidak sesuai dengan kenyataan pasar saat itu.Tahun 2001 NaN dibentuk ulang menjadi perusahaan yang lebih kecil NaN lalu meluncurkan software komersial pertamanya, Blender Publisher.Sasaran pasar software ini adalah untuk web 3D interaktif.Angka penjualan yang rendah dan iklim ekonomi yang tidak menguntungkan saat itu mengakibatkan NaN ditutup.Punutupan ini termasuk penghentian terhadap pengembangan Blender.
Sayangnya ambisi NaN tidak sesuai dengan kenyataan pasar saat itu.Tahun 2001 NaN dibentuk ulang menjadi perusahaan yang lebih kecil NaN lalu meluncurkan software komersial pertamanya, Blender Publisher.Sasaran pasar software ini adalah untuk web 3D interaktif.Angka penjualan yang rendah dan iklim ekonomi yang tidak menguntungkan saat itu mengakibatkan NaN ditutup.Punutupan ini termasuk penghentian terhadap pengembangan Blender.
Karena
tidak ingin Blender hilang ditelan waktu begitu saja, Ton Roosendaal mendirikan
organisasi non profit yang bernama Blender Foundation.Tujuan utama Blender
Foundation adalah tersu mempromosikan dan mengembangkan Blender sebagai proyek
open source.Pada tahun 2002 Blender dirilis ulang dibawah syarat – syarat GNU
General Public License.
B.Pengertian
Blender
Blender merupakan OSS
(Open Source SOftware) atau istilah lainnya software yang dapat di gunakan di
berbagai macam OS (Operating System).Ini digunakan untuk dikembangkan secara
komersial, tetapi sekarang dirilis di bawah GPL (GNU General Public License).
Untuk spekifikasi yang
dibutuhkan untuk penginstallan software ini sangatlah sederhana :
·
Intel pentium III atau lebih/ AMD dsbg
·
Ram 64Mb
·
VGA 4Mb
·
Disk Space 35Mb
·
Windows 2000 dan lebih, Linux.
C. Kegunaan
Blender
Target di profesional
media dan seniman, Blender dapat digunakan untuk membuat visualisasi 3D, stills
serta siaran dan video berkualitas bioskop, sedangkan penggabungan mesin 3D
real-time memungkinkan penciptaan konten 3D interaktif untuk pemutaran yang berdiri
sendiri.Blender memiliki berbagai macam kegunaan termasuk pemodelan, menjiwai,
rendering, texturing, menguliti, rigging, pembobotan, editing non-linear,
scripting, composite, post-produksi dan banyak lagi.
Blender tersedia untuk berbagai sistem operasi, seperti:
·
Microsoft Windows
·
Mac OS X
·
Linux
·
IRIX
·
Solaris
·
NetBSD
·
FreeBSD
·
OpenBSD.
Perangkat lunak ini
berlisensi GPL (GNU General Public License) dan kemudian kode sumbernya
tersedia dan dapat diambil siapa saja.
D.Fitur - Fitur Blender
Blender memiliki fitur sama kuat mengatur dalam lingkup dan kedalaman ke ujung lain tinggi 3D software seperti Softimage | XSI, Cinema 4D, 3ds Max dan Maya.
Perangkat lunak ini berisi fitur yang merupakan ciri khas dari model perangkat lunak high-end. Ini adalah Open Source yang paling populer grafis 3D aplikasi yang tersedia, dan merupakan salah satu yang paling didownload dengan lebih dari 200.000 download dari rilis masing-masing.
Fitur termasuk:
- Model: Obyek 3D tipe, termasuk jerat poligon, permukaan NURBS, Bezier dan kurva B-spline; multiresolusi patung kemampuan; Modifier stack deformers; model Mesh; Python Scripting
- Rigging: Skeleton kode ciptaan; Skinning; lapisan Bone; B-splines interpolated tulang
- Animasi: animasi editor non-linear; Vertex framing kunci untuk morphing, animasi Karakter berpose editor; deformers animasi, pemutaran Audio; sistem kendala animasi
- Rendering: raytracer inbuilt; oversampling, blor gerak, efek pasca produksi, ladang, non-square pixel, lapisan Render dan melewati; Render baking ke peta UV, Efek termasuk halo, suar lensa, kabut, vektor motion-blur proses pasca- , dan proses pasca-defocus; Ekspor naskah untuk penyaji eksternal
- UV unwrapping: Laurent dan metode Berdasarkan Sudut unwrapping; unwreapping berdasarkan jahitan; falloff proporsional mengedit peta UV
- Shading: membaur dan shader specular; Node editor; hamburan Bawah, shading Tangent; peta Refleksi
- Fisika dan Partikel: sistem Partikel dapat dilampirkan ke mesh objek; simulator Fluida; solver Realtime tubuh lembut
- Imaging dan Komposisi: multilayer OpenEXR dukungan; filter node komposit, konverter, warna dan operator vektor; 8 mendukung prosesor; sequencer realtime dekat; Bentuk gelombang dan U / V menyebar plits
- Realtime 3D/Game Penciptaan: editor grafis logika; Bullet Fisika dukungan Perpustakaan; jenis Shape: polyhedron Convex, kotak, bola, kerucut, silinder, kapsul, majemuk, dan mesh segitiga statis dengan mode auto penonaktifan; tabrakan Diskrit; Dukungan untuk kendaraan dinamika; Mendukung semua modus pencahayaan OpenGL; Python scripting; Audio
- Lintas Platfrom dengan GUI OpenGL seragam pada semua Platfrom ,siap untuk digunakan untuk semua versi windows (98, NT, 2000, XP), Linux,OS X , FreeBSD, Irix, SUN dan berbagai Sistem Oprasi lainnya .
- Kualitas tinggi arsitektur 3D yeng memungkinkan penciptaan cepat dan efisiens .
- Lebih dari 200.000 download (pengguna) dari seluruh dunia
- Diekseskusi berukuran kecil, dan distribusi rendah
D. Kelebihan
Blender
Blender adalah salah satu software open source yang digunakan untuk membuat konten multimedia khusunya 3Dimensi, ada kelemahan dan beberapa kelebihan yang dimiliki Blender dibandingkan software sejenis. Berikut kelebihannya :
- Open Source
Blender
merupakan salah satu software open source, dimana kita bisa bebas memodifikasi
source codenya untuk keperluan pribadi maupun komersial, asal tidak melanggar
GNU General Public License yang digunakan Blender.
- Multi Platform
Karena
sifatnya yang open source, Blender tersedia untuk berbagai macam operasi sistem
seperti Linux, Mac dan Windows. Sehingga file yang dibuat menggunakan Blender
versi Linux tak akan berubah ketika dibuka di Blender versi Mac maupun Windows.
- Update
Dengan
status yang Open Source, Blender bisa dikembangkan oleh siapapun. Sehingga
update software ini jauh lebih cepat dibandingkan software sejenis lainnya.
Bahkan dalam hitungan jam, terkadang software ini sudah ada update annya.
Update an tersebut tak tersedia di situs resmi blender.org melainkan di
graphicall.org
- Free
Blender
merupakan sebuah software yang Gratis Blender gratis bukan karena tidak laku,
melainkan karena luar biasanya fitur yang mungkin tak dapat dibeli dengan uang,
selain itu dengan digratiskannya software ini, siapapun bisa berpartisipasi
dalam mengembangkannya untuk menjadi lebih baik. Gratisnya Blender mendunia
bukan seperti 3DMAX/ Lainnya yang di Indonesia Gratis membajak :p. Tak perlu
membayar untuk mendapatkan cap LEGAL. Karena Blender GRATIS dan LEGAL
- Lengkap
Blender
memiliki fitur yang lebih lengkap dari software 3D lainnya. Coba cari
software 3D selain Blender yang di dalamnya tersedia fitur Video editing, Game
Engine, Node Compositing, Sculpting. Bukan plugin lho ya, tapi sudah include atau
di bundling seperti Blender
- Ringan
Blender
relatif ringan jika dibandingkan software sejenis.Hal ini terbuti dengan sistem
minimal untuk menjalankan Blender.Hanya dengan RAM 512 dan prosesor Pentium 4 /
sepantaran dan VGA on board, Blender sudah dapat berjalan dengan baik namun
tidak bisa digunakan secara maksimal. Misal untuk membuat highpolly akan
sedikit lebih lambat.
- Komunitas Terbuka
Tidak
perlu membayar untuk bergabung dengan komunitas Blender yang sudah tersebar di
dunia. Dari yang newbie sampai yang sudah advance terbuka untuk menerima
masukan dari siapapun, selain itu mereka juga saling berbagi tutorial dan file
secara terbuka. Salah satu contoh nyatanya adalah OPEN MOVIE garapan Blender
Institute
E.Tampilan Awal pada Blender
E.Tampilan Awal pada Blender
F. Contoh Kasus
Pada pembuatan animasi dengan menggunakan software Blender ini, saya berencana akan membuat animasi yang bercerita tentang sepak bola yang terdapat drama yang sangat menegangkan pada suatu pertandingan yang merupakan pertandingan final.
Jadi, saya akan membuat sebuah pertandingan yang cukup menegangkan dimana sebuah pertandingan harus ditentukan dengan babak adu penalti dan terdapat seorang pemain yg menjadi eksekutor atau penendang terakhir yang apabila bola tersebut dapat dimasukan ke gawang maka tim dari penendang tersebut akan juara. Pada animasi ini saya menggunakan beberapa objek seperti manusia, gawang, dan bola. Sebelumnya saya telah bekerja sama dengan teman saya, teman saya akan membuat animasi sebuah stadion dengan gemuruh penonton yang memadati stadion tersebut.
Pada pembuatan animasi ini saya
menggunakan 3 objek manusia yang berperan sebagai penendang bola, kiper, dan
seorang wasit.Kemudian saya membuat sebuah gawang dan bola.Nah, pada animasi
yang saya buat ini rencananya ketika bola tersebut ditendang oleh penendang
tersebut berhasil mengecoh kiper dan menceploskan bola ke gawang kiper
tersebut. Dan para supporter yang memadati stadion itu pun bergemuruh karena
tim kebanggaannya telah menjuarai sebuah turnamen.
Selain menggunakan objek-objek tersebut saya juga akan menambah sound effect ketika bola ditendang, suara jaring gawang yang bergetar, peluit dari wasit, dan teriakan kegembiraan dari para supporter.
Selain menggunakan objek-objek tersebut saya juga akan menambah sound effect ketika bola ditendang, suara jaring gawang yang bergetar, peluit dari wasit, dan teriakan kegembiraan dari para supporter.
Demikianlah kasus yang akan kami
kembangkan dan rencananya saya akan buat dengan menggunakan software animasi
Blender ini.
G.Kekuatan
Open Source
Walaupun blender bersifat open source, namun software ini memiliki beberapa keunggulan yang tidak kalah dari software berbayar lainnya. Software ini dapat kita unduh dan kita gunakan secara gratis pada website resminya di www.blender.org.Rata-rata setiap bulan, software ini selalu mengeluarkan versi terbarunya. Setiap versi baru yang dikeluarkan, selalu ada tools baru yang ditambahkan beserta bug-bug yang sudah diperbaiki. Perkembangan Blender sangat pesat karena banyak developer handal yang terlibat dalam pengembangan Blender.Para developer ini tergabung dalam suatu komunitas terbuka yang anggotanya bebas dan tersebar di seluruh dunia.
Keunggulan lain dari Blender adalah kesederhanaannya. Kesederhanaan software ini membuat Blender tidak memerlukan spesifikasi komputer yang tinggi untuk sekedar menjalankannya. File instalasinya yang kecil membuat blender juga dapat diinstall dan dijalankan secara portable. Sekitar 40 Mb sebelum diinstall dan 150 Mb setelah di install. Ukuran file yang kecil ini jauh melampaui software sejenis yang file instalasinya membutuhkan ruang hardisk sekitar 2 hingga 3 Gb.
Selain itu, blender versi terbaru juga mendukung GPU (Graphic Processor Unit )-CUDA computing. CUDA adalah metode computing pada kartu grafis untuk meningkatkan pengolahan kecepatan dan performa grafis. Jika blender mendeteksi GPU yang mendukung CUDA , maka proses render akan dilakukan oleh GPU. Hasilnya, render akan lebih cepat serta menghasilkan gambar yang lebih detail dan tajam.
H.Memprogram Game
Kemampuan ini juga merupakan salah satu keunggulan Blender yang sangat unik. Blender dapat memprogram game dengan menggunakan script bahasa pemrograman Phyton. Blender menyediakan interface yang professional untuk memprogram sebuah game. Blender juga mengetahui kebutuhan para programmer game 3D untuk menciptakan game secara cepat. Untuk itu, Blender menyediakan fasilitas Game Logic, yaitu beragam tools siap pakai untuk langsung diterapkan ke dalam game.
9 Interfaces
Walaupun blender bersifat open source, namun software ini memiliki beberapa keunggulan yang tidak kalah dari software berbayar lainnya. Software ini dapat kita unduh dan kita gunakan secara gratis pada website resminya di www.blender.org.Rata-rata setiap bulan, software ini selalu mengeluarkan versi terbarunya. Setiap versi baru yang dikeluarkan, selalu ada tools baru yang ditambahkan beserta bug-bug yang sudah diperbaiki. Perkembangan Blender sangat pesat karena banyak developer handal yang terlibat dalam pengembangan Blender.Para developer ini tergabung dalam suatu komunitas terbuka yang anggotanya bebas dan tersebar di seluruh dunia.
Keunggulan lain dari Blender adalah kesederhanaannya. Kesederhanaan software ini membuat Blender tidak memerlukan spesifikasi komputer yang tinggi untuk sekedar menjalankannya. File instalasinya yang kecil membuat blender juga dapat diinstall dan dijalankan secara portable. Sekitar 40 Mb sebelum diinstall dan 150 Mb setelah di install. Ukuran file yang kecil ini jauh melampaui software sejenis yang file instalasinya membutuhkan ruang hardisk sekitar 2 hingga 3 Gb.
Selain itu, blender versi terbaru juga mendukung GPU (Graphic Processor Unit )-CUDA computing. CUDA adalah metode computing pada kartu grafis untuk meningkatkan pengolahan kecepatan dan performa grafis. Jika blender mendeteksi GPU yang mendukung CUDA , maka proses render akan dilakukan oleh GPU. Hasilnya, render akan lebih cepat serta menghasilkan gambar yang lebih detail dan tajam.
H.Memprogram Game
Kemampuan ini juga merupakan salah satu keunggulan Blender yang sangat unik. Blender dapat memprogram game dengan menggunakan script bahasa pemrograman Phyton. Blender menyediakan interface yang professional untuk memprogram sebuah game. Blender juga mengetahui kebutuhan para programmer game 3D untuk menciptakan game secara cepat. Untuk itu, Blender menyediakan fasilitas Game Logic, yaitu beragam tools siap pakai untuk langsung diterapkan ke dalam game.
9 Interfaces
Blender memiliki 9 buah
interface(tampilan) utama yang bisa dipilih dan digunakan sesuai kebutuhan. 9
buah interface tersebut seakan mewakili langkah-langkah yang umum digunakan
pada pengolahan grafis 3D.
Ke-9 interface tersebut adalah :
1) Default : Pada umumnya interface default digunakan pada tahap modeling
(pembuatan bentuk model 3D).
2) 3D View Full : Digunakan untuk melihat tampilan full screen model 3D.
3) Animation : Digunakan pada tahap animating. Interface ini menyediakan graph, key frame, dan tools pendukung animasi lainnya.
4) Compositing : Digunakan pada tahap pemberian efek-efek warna pada model 3D supaya terlihat nyata.
5) Game Logic : Interface untuk para programmer game.
6) Motion Tracking : Melihat gerakan model yang sudah dianimasikan secara lebih mendetail.
7) Scripting : Interface untuk menulisan script. Biasanya digunakan untuk membuat animasi, special effect dan pemrograman game
8) UV editing : Pengaturan pencahayaan pada model 3D.
9) Video Editing : Sebuah interface sederhana untuk mengedit video yang sudah di render supaya menjadi scene yang utuh.
Ke-9 interface tersebut adalah :
1) Default : Pada umumnya interface default digunakan pada tahap modeling
(pembuatan bentuk model 3D).
2) 3D View Full : Digunakan untuk melihat tampilan full screen model 3D.
3) Animation : Digunakan pada tahap animating. Interface ini menyediakan graph, key frame, dan tools pendukung animasi lainnya.
4) Compositing : Digunakan pada tahap pemberian efek-efek warna pada model 3D supaya terlihat nyata.
5) Game Logic : Interface untuk para programmer game.
6) Motion Tracking : Melihat gerakan model yang sudah dianimasikan secara lebih mendetail.
7) Scripting : Interface untuk menulisan script. Biasanya digunakan untuk membuat animasi, special effect dan pemrograman game
8) UV editing : Pengaturan pencahayaan pada model 3D.
9) Video Editing : Sebuah interface sederhana untuk mengedit video yang sudah di render supaya menjadi scene yang utuh.
I.Kekurangan
Memang
blender diakui memiliki fitur yang tidak selengkap software berbayar
lainnya.Jika kita ingin melengkapi fiturnya, kita harus mencari plugin yang
tersebar di internet ataupun memprogram plugin sendiri.Tentunya ini cukup
merepotkan user.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar